Recent posts

Tetaplah Menjadi Kartini

Januari 16, 2014 0 Comments






Sabtu 18 Januari 2014 lebih tepatnya pukul 14.00 WIB adalah awal pertemuan kami panitia UMengajar dengan siswa SMP Satu Atap Ngadas ketika kami melakukan kegiatan survey. SMP Satu Atap Ngadas terletak di lereng Bromo Tengger Semeru. Awal pertemuan kami dengan mereka masih terasa sangat canggung, terlebih mereka sangat introvert kepada kami. Namun kami mencoba untuk lebih dekat dengan mereka, salah satu caranya adalah dengan  menyisipkan games edukatif ketika kami mengajar disela kegiatan survey. Berbagai macam reaksi mereka perlihatkan kepada kami. Ada yang lari keluar meninggalkan kelas, ada yang malu-malu, ada yang pasif dan ada pula yang antusias mengikuti pelajaran serta games yang telah kami buat.

Siswa yang kami ajar adalah siswa kelas VII dan VII yang kami jadikan dalam satu ruangan. Kami menggabungkan mereka dalam satu ruangan karena tidak ada ruangan lagi yang bisa dipakai akibat ruang kelas VIII masih rusak. Kami mengamati momen demi momen yang terjadi dalam ruangan itu yang mana telah menjadi saksi bisu awal kedekatan kami dengan mereka.

Dan saat itu mata kami tertuju pada satu sudut dimana sudut itu terisi oleh 3 siswi dengan jaket orange, merah dan ungu yang tampak serius bergulat dengan dua soal matematika yang telah kami buat. Padahal anak-anak yang lain hanya memandangi soal-soal itu tanpa berani menyelesaikanya. Dengan bantuan mantra  pytagoras mereka mencoba menyelesaikan soal tersebut. Walau usaha mereka tak semulus jalan tol,  namun pantang bagi mereka untuk menyerah hingga akhirnya mereka bisa mengerjakan 1 soal.

Ketika jam sudah menunjukan pukul 16.00 WIB para siswa antusias untuk pulang menuju rumah masing-masing. Namun hal ini tidak ditunjukan oleh 3 siswi tersebut. Mereka masih berat untuk meninggalkan ruang kelas karena ada satu soal matematika yang membuat mereka penasaran untuk bisa menyelesaikannya. Mereka bertekad tak akan pulang sebelum soal tersebut terpecahkan. Kami kagum dengan usaha dan semangat mereka dalam belajar seperti halnya semangat R.A Kartini yang haus akan ilmu.


_F.R_

UMengajar

"Bangga mendidik, mengabdi dan menginspirasi anak bangsa".

0 komentar: