Recent posts

70 tahun setelah merdeka , apa yang terjadi ?

Agustus 17, 2015 0 Comments


“ Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri” – Soekarno-

 Tujuh puluh tahun silam , sekitar pukul 10.00 Ir.Soekarno yang didampingi oleh Dr.Moh.Hatta membacakan teks proklamasi  di Jl. Pegangsaan Timur No.56 yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih sebagai tanda bahwa mulai saat itu bangsa Indonesia bebas dari belenggu penjajahan dan kita berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa merdeka lainnya. 

           Merdeka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri berarti tidak terikat; tidak bergantung terhadap orang lain atau pihak tertentu. Pertanyaan besarnya adalah sudahkah bangsa Indonesia benar-benar merdeka ? Mari kita renungkan bersama. Apa-apa yang sedang terjadi sampai saat ini. Apa saja yang telah kita lakukan untuk bangsa tercinta.
            Maka benar apa yang dikatakan Ir. Soekarno bahwa “ Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri ”. Era sekarang ini penjajah memang tidak menampakkan diri secara nyata. Tapi ingat bahwa penjajah masih masuk menyusup-nyusup melalui para pemuda-pemudi , pejabat bahkan petinggi Negara. Mulai dari korupsi pejabat dan petinggi Negara yang makin hari makin merajalela sampai sopan santun dan identitas bangsa yang semakin dilunturkan para pemuda-pemudi dengan alasan mengikuti budaya bangsa lain. Hei , sadarlah bahwa budaya kita lebih bisa dibanggakan.
            Memang , tidak ada yang sempurna di dunia. Pun urusan kebangsaan dan seisinya seperti ini. Namun, bukankah tidak ada salahnya sekuat tenaga kita memperbaiki ? karena perbaikan-perbaikan kecil bisa menghasilkan perubahan yang besar. Semoga.
             Melihat fenomena-fenomena bangsa yang seperti itu , diusunglah  “Ayo Kerja” sebagai tema dalam peringatan 17 Agustus ke 70 kali ini. Tujuannya tidak lain untuk menggerakkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar mau terus berbenah , mau bekerja keras  untuk kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia. Berbenah tidak harus menunggu kita jadi presiden dulu , harus jadi pejabat dulu. Berbenah harus dimulai dari kita sendiri. Tidak peduli apapun latar belakang ras , suku , dan pekerjaan.
            Anak-anak sekolah bisa berbenah untuk selalu disiplin ,tepat waktu , dan tentunya belajar lebih giat lagi. Guru , Dokter , PNS , Buruh , Petani dan semua profesi bisa memperbaiki kinerja nya  untuk memperbaiki mutu. Pejabat Negara bisa lebih teliti untuk menghindari korupsi. Sepenggal  contoh tersebut hanya permisalan untuk berbenah diri. Selain itu masih banyak sekali hal-hal kecil yang berdampak besar bagi bangsa kita. Jika semua lapisan masyarakat kita bisa berbenah dan semakin mencintai bangsa Indonesia, bukan tidak mungkin carut marut urusan bangsa ini sedikit demi sedikit akan berkurang. Membahagiakan bukan jika bisa hidup makmur di negeri sendiri sehingga tak perlu lagi kita mencari kemakmuran di negeri orang lain.
            “Ayo Kerja” jangan hanya berhenti sebagai tema dan slogan belaka , Ayo resapi dan renungi. Buatlah perubahan untuk negeri !  


UMengajar

"Bangga mendidik, mengabdi dan menginspirasi anak bangsa".

0 komentar: