Recent posts

SEMANGAT LENTERA DIKEHIJAUAN

Jiwa volunteer merupakan panggilan dari hati. Perkenalkan nama saya latiful rohman. Saya dari fakultas ekonomi jurusan ekonomi pembangunan prodi S1 Pendidikan Ekonomi  di Universitas Negeri Malang. Saya bergabung dengan keluarga UMengajar Batch 3. Pengalaman yang saya rasakan di pengabdian jilid 2&3 di Taji sungguh luar biasa tidak akan terlupakan. Saya ditempatkan dikelas 1&2 bersama teman lainnya yang tergabung di kelompok “Hasyim Asyari” UMengajar batch 3.

SDN Taji 02 merupakan sosok penampung berjiwa semangat dalam urusan belajar. Adik-adik yang sekolah disitu sangatlah bersemangat dalam kegiatan belajar. Tekat mereka terbuktu dengan cara mereka tidak peduli harus jalan kaki dalam berangkat mencari ilmu. Saya ketika melihat sosok semangat murit SDN taji 02 yaitu dari kelas 1 dan 2 yang kurasakan begitu senang dan juga tersenyum lebar untuk ikut bersemangat juga. Ketika belajar semangat untuk memperhatikan materi dan juga aktif belajar. Istirahat pun juga yang terlihat keceriaan yang terlihat dengan bermain bersama. Sekolah mereka dari depan, belakang, kanan, dan kiri dikelilingi perbukitan yang hijau. Pemandangan yang enak untuk dipandang mata. Pemandangan tersebut yang menyimpan sosok lentera berjiwa semangat dalam belajar demi mengapai masa depan yang cermelang. Semangat tersebut terlihat ketika mereka sudah datang kesekolah untuk belajar itu saja bisa dinamakan semangat dari mereka. Apa lagi ketika mereka belajar baik didalam kelas maupun diluar kelas pasti aktif. Sekolah di desa ini sangatlah unik karena dari orang tua tidak begitu memperhatikan pentingnya pendidikan. Anak mereka terkadang disuruh keladang untuk membantu keladang bersama. Ironis memang dengan usia yang masih belum sewajarnya untuk bekerja disuruh untuk membantunya. Persoalan tersebut memang dari sisi ekonomi untuk bertahan hidup. Ketika terlihat seperti itu saya berfikir baik dan juga berfikir lainnya. Berfikir baik ketika mengetahui mereka seusia segitu sudah membantu orang tuanya diladang. Sisi fikir lainnya mereka terpaksa mengikuti orang tuanya dengan mengabaikan sekolahnya. Namun, disini saya juga terenyuh lagi-lagi dengan jiwa semangat mereka. Saya yang seperti ini dengan kondisi belajar yang fasilitasnya memadai terkadang kurang semangat belajar. Mereka yang bersekolah ditempat terbatas saja semangatnya luar biasa berkobar. Nilai tambah dari sekolahnya juga sangat baik yaitu pemandangan hijau perbukitan yang tidak saya dapatkan ditempat saya belajar. Saya melihat seperti itu juga bersyukur telah diberi tuhan nikmat yang luar biasa tidak bisa dihitung. Sosok-sosok lentera berjiwa semangan dikehijauanlah yang membuat saya semakin mensyukuri nikmat ini. 

Saya bangga bisa diberikan kesempatan oleh tuhan selama ini. Saya lagi-lagi hanya bisa berucap syukur telah diberikan kesempatan untuk bergabung dengan keluarga hebat di UMengajar. Saya juga akan tetap berbagi dari sedikit yang telah saya dapatkan selama ini. Saya yakin tuhan akan selalu memberikan yang lebih ketika kita juga berbagi dari apa yang telah tuhan berikan. Saya akan tetap belajar dan juga mensyukuri nikmat dari pelajar ditempat yang tidak saya dapatkan seperti didesa taji. Tempat tersebut bisa dibilang surga yang ada dunia dngan sosok lentera berjiwa semangat yang membuat kita belajar dan juga bersyukur dari apa yang telah kita dapatkan. Saya bangga mendidik, mengabdi, dan menginspirasi anak bangsa.

UMengajar

"Bangga mendidik, mengabdi dan menginspirasi anak bangsa".

0 komentar: