Recent posts

Training of Trainer dan Inagurasi UMengajar Batch 4

Oktober 07, 2016 , , 0 Comments

Serangkaian seleksi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch 4 telah selesai dilaksanakan. Kami dengan bangga menyambut 48 Laskar Dewantara terbaik pada kegiatan Training of Trainer dan Inagurasi yang berlangsung pada tanggal 1-2 Oktober 2016 di Gedung D1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Kegiatan Training of Trainer berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2016 dan dibuka dengan penampilan stand up comedy dari Panggah Kurniawan, salah satu Dewantara Muda UMengajar. Kegiatan ini dihadiri oleh pemateri-pemateri inspiratif seperti Eyang Wiwik sebagai penggagas Cendekiawan Muda Peduli Pendidikan (Cumapeka), mbak Maria Mumpuni seorang Fasilitator Pendidikan yang sangat berpengalaman di berbagai daerah di Indonesia dan mas Wahyu Nur Hidayat, seorang dosen yang juga berpengalaman menjadi Pengajar Muda gerakan Indonesia Mengajar. Selain itu, ada juga perwakilan komunitas mengajar lain seperti Unair Mengajar, ITS Mengajar, UIN Mengajar dan Polinema Mengajar yang berbagi pengalaman mengenai pengabdian yang mereka lakukan.

Eyang Wiwik memberikan materi mengenai Pembekalan Strategi Mengajar, tentang bagaimana menjadi guru yang baik. Beliau berkata bahwa, “Yang boleh mendidik adalah orang yang terdidik”. Untuk memberikan ilmunya menurut beliau, pengajar sebaiknya terlebih dahulu menjadi pribadi yang lebih baik. Materi selanjutnya adalah Pembelajaran Aktif oleh mbak Maria Mumpuni, disini Laskar Dewantara diajak berkreasi dan memahami apa yang dimaksud pembelajaran aktif melalui penyampaian materi yang kreatif dari mbak Maria. Kemudian dilanjutkan oleh materi tentang Media Pembelajaran dari mas Wahyu Nur Hidayat, disini Laskar Dewantara banyak mendapatkan ilmu mengenai media pembelajaran yang berperan penting sebagai sarana penyampaian materi dan juga pengalamannya menggunakan media pembelajaran di daerah pengabdian. Selain itu, dalam kegiatan ini juga diberikan pembekalan mengenai silabus dan RPP yang disampaikan oleh Divisi Pendidikan dan Inovasi, informasi mengenai pengabdian yang akan dilaksanakan dari Divisi Pengabdian, juga tentang esai pengabdian dari Divisi Redaksi dan Literasi.

Setelah Training of Trainer, pada tanggal 2 Oktober diadakan kegiatan inagurasi yang berisi games-games seru dan edukatif seperti Johary Window yang melatih pemecahan masalah dan imajinasi. Setelah itu Laskar Dewantara diajak ke luar ruangan untuk bermain games Kereta Buta yang menuntut kepercayaan dan kerjasama tim. Selain itu, ada juga games cross the line dimana semua Laskar Dewantara dapat saling berpendapat mengenai sebuah pernyataan yang diberikan. Inagurasi ditutup dengan tampilan pentas seni dari masing-masing tim serta pengukuhan Laskar Dewantara Batch 4. Dengan adanya rangkaian kegiatan Training of Trainer dan Inagurasi ini harapannya dapat memberikan sedikit bekal dan semangat  bagi Laskar Dewantara terpilih yang akan meneruskan kebanggaan kami untuk mengabdi, mendidik dan menginspirasi anak bangsa.

UMengajar

"Bangga mendidik, mengabdi dan menginspirasi anak bangsa".

0 komentar: