Seminar Interaktif UMengajar: Kiprah Guru di Era Milenial


Potret pendidikan di Indonesia kembali tercoreng ketika terdengar kabar seorang murid telah menganiaya gurunya sendiri. Hal tersebut tentu membuat masyarakat miris dan prihatin. Sistem pendidikan dinilai sebagai faktor kuat yang menyebabkan hal-hal seperti ini terjadi. Lalu, seperti apakah seorang pendidik yang komunikatif di tengah peliknya isu-isu pendidikan yang sedang marak terjadi di beberapa sekolah saat ini? Pada tanggal 24 Maret 2018 yang lalu bertempat di Aula Ki Hajar Dewantara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Gerakan UMengajar mengadakan Seminar Interaktif yang mengusung tema “Kiprah Guru di Era Milenial”.

Untuk mengupas tuntas mengenai masalah pendidikan dan bagaimana menjadi pendidik yang tepat bagi generasi milenial saat ini, UMengajar mengundang seorang Psikolog yakni Bu Farah Faridha, S.Psi, M.Psi. Beliau yang sudah mahir di bidangnya ini memberikan materi kepada para peserta seminar tentang bagaimana cara seorang pendidik mengontrol kelas dan menghadapi murid-murid yang memiliki berbagai macam karakteristik.


Selain itu, seminar interaktif ini juga membahas tentang Program Profesi Guru atau yang lebih masyarakat kenal sebagai PPG. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. Hal ini sontak menimbulkan berbagai pro dan kontra dari kalangan masyarakat. Melihat situasi ini menyebabkan UMengajar tergerak untuk mengundang pemateri yakni Bapak  Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si. yang merupakan kepala pusat Pengembangan Pendidikan Profesi Gruru (P4G). Beliau menjabarkan kepada para peserta tentang mengapa seorang sarjana pendidikan tetap harus menempuh PPG lagi.


Isu-isu yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia saat ini membuat UMengajar tergerak untuk melakukan seminar interaktif tentang pentingnya menjadi pendidik yang baik dan komunikatif di era milenial ini. We Share We Care. Bangga Mendidik, Mengabdi, dan Menginspirasi Anak Bangsa.




Ikuti kabar terbaru kami di media sosial berikut:
Website: www.umengajar.org
Twitter: @UMengajar
Instagram: UMengajar
Facebook: UMengajar

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.