FAQ

F.A.Q

-Kak, UMengajar itu apa? 

UMengajar merupakan gerakan sosial di bidang pendidikan yang diinisiasi oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang membawa tujuan dan cita-cita mulia untuk ikut andil dan berperan serta dalam sebuah tindakan nyata melalui bidang pendidikan sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat dan juga menginspirasi Indonesia.

-Apakah UMengajar merupakan program dari Universitas Negeri Malang (UM) atau BEM UM?

Sampai saat ini kami berdiri sendiri (independen) dan berbentuk komunitas. Namun tidak menutup kemungkinan jika suatu saat kami menjadi bagian dari program UM. Karena yang kami inginkan sebuah gerakan nyata dan kami merasa jika bukan sekarang, kapan lagi?

- Mengapa perlu ada UMengajar ? 

Pada dasarnya pendidikan adalah tanggung jawab bersama, sehingga ketika melihat semakin banyaknya permasalahan dalam dunia pendidikan, kita sebagai mahasiswa sudah seharusnya ikut andil dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Di samping itu Universitas Negeri Malang sebagai kampus IKIP tertua yang berlatar belakang pendidikan memiliki peranan penting dalam sejarah dan perkembangan  pendidikan.   

- Bagaimana rekam jejak terpenting UMengajar ?  

1. Fase Pendirian
Bulan Januari 2014 sejumlah 7 mahasiswa mendeklarasikan berdirinya UMengajar.

2. Fase Pengabdian jilid 1 bulan Februari 2014 dan jilid 2 bulan Maret sampai April 2014
Masa bakti Laskar Dewantara Batch 1. Mereka melaksanakan pengabdian di SDN Ngadas 1, SMP Satu Atap, dan di SDN Ngadirejo.

3. Fase Pengenalan
Mengenalkan UMengajar kepada kampus-kampus se-Jawa Timur dengan ikut kontribusi dalam Forkom yang dilaksanakan di ITS bulan Maret 2014.

4. Fase Perubahan
Setelah berlangsungnya Pengabdian jilid 1, sebagian anggota Laskar Dewantara Batch 1 diangkat sebagai pengurus sesuai dengan kesepakatan untuk mengubah formasi baru yang awalnya hanya berjumlah tujuh orang.

5. Fase Pengembangan
Mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan Malang Mengajar April 2014, kegiatan Festival Pendidikan 100 tahun kota Malang, dan Indonesia Mengajar yang melakukan Roadshow Pengajar Muda di bulan Mei 2014.

6. Fase Regenerasi
Mulai perekrutan anggota baru untuk meneruskan perjuangan di dalam UMengajar dimulai bulan Juni sampai Oktober 2014.



-Bagaimana teknis pelaksanaan pengabdian UMengajar?

Teknis pelaksanaan pengabdian UMengajar yaitu para Laskar Dewantara melakukan pembelajaran seperti seorang pengajar sebagaimana mestinya setiap akhir pekan. Hal ini disebabkan karena mahasiswa harus bisa membagi waktu antara kuliah dengan menjadi Laskar Dewantara. Jadi, pengabdian di sekolah hanya dilakukan pada hari Sabtu. Lain halnya dengan pelaksanaan pengabdian di lapas. Pengabdian di Lapas melibatkan beberapa Laskar Dewantara yang diberi giliran berbeda setiap harinya disesuaikan dengan jadwal kuliah.

- Sudah pernah dilaksanakan di mana saja pengabdian UMengajar ?  

Pengabdian Laskar Dewantara Batch 1 dilaksanakan di SDN 01 Ngadas, selanjutnya di SMPN 01 Ngadas, dan SDN Ngadirejo. Ketiga sekolah ini berada di Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. 

Pengabdian Laskar Dewantara Batch 2 dilaksanakan di SDN 01 Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, SDN 02 Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang, serta SDN 03 Randugading Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang.

Pengabdian Laskar Dewantara Batch 3 dilaksanakan di SDN 01 Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, SDN 01 Taji, SDN 02 Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Selain itu, pada masa ini juga pertama kalinya dilaksanakan pengabdian di Lapas klas 1 Lowokwaru.

Pengabdian Laskar Dewantara Batch 4 dibagi menjadi tiga jilid. Pengabdian jilid pertama dilaksanakan di SDN 01 Taji, SDN 02 Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, SDN 01 Duwet Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, dan SDN 04 Gunungjati Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Pengabdian jilid kedua dilaksanakan di SDN 02 Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang dan SDN 02 Duwet Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Adapun pengabdian jilid tiga dilaksanakan di Lapas klas 1 Lowokwaru.


Pengabdian Laskar Dewantara Batch 5 terdiri atas Pengabdian Akbar 1, Pengabdian Akbar 2, dan Pengabdian Goes To Lapas. Pengabdian Akbar 1 dan 2 dilaksanakan di SDN 01 Taji, SDN 02 Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, SDN 01 Gubugklakah dan SDN 02 Ngadas yang terletak di Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Adapun tempat untuk Pengabdian Goes To Lapas tetap dilaksanakan di Lapas klas 1 Lowokwaru.


-Bagaimana cara berpartisipasi bersama UMengajar?

UMengajar selalu membuka kesempatan bergabung setiap tahunnya. Untuk tahun ini, kami telah menerima 48 orang Laskar Dewantara Batch 5. Selalu ikuti media sosial kami untuk mendapatkan informasi mengenai UMengajar di alamat berikut.

Facebook : UMengajar
Fanspage : UMengajar
Twitter    : @UMengajar

Blog        : www.umengajar.org

-Siapa saja yang boleh berpartisipasi dalam UMengajar ? 
Seluruh mahasiswa S1 aktif Universitas Negeri Malang yang lolos seleksi.

- Apa kriteria Laskar Dewantara UMengajar ? 

Dua kriteria pokok yang harus dimiliki oleh Laskar Dewantara UMengajar yaitu harus mempunyai komitmen yang tinggi serta memiliki kreativitas dalam pengajaran terutama dalam meng-handle siswa.

-Bagaimana jika saya belum pernah memiliki pengalaman mengajar ? 

Sebelum terjun langsung ke lapangan, para Laskar Dewantara akan diberikan pembekalan terlebih dahulu. Jadi jangan khawatir untuk kalian yang belum memiliki pengalaman mengajar. Yang dibutuhkan adalah tekad dan komitmen yang kuat untuk terus belajar dan belajar. 


-Berapa jumlah Laskar Dewantara yang akan diterima ? 

Pada open recruitment Batch 1 ada 53 orang yang diterima sebagai Laskar Dewantara. Sedangkan pada open recruitment Batch 2, Batch 3, Batch 4, dan Batch 5 ada 48 orang yang diterima. 

-Apa saja tahapan tes dalam open recruitment Laskar Dewantara? 

Ada 4 tahapan tes dalam open recruitment Laskar Dewantara, yaitu: (a) Tes Administrasi; (b) Tes Wawancara; (c) FGD (Focused Group Discussion); dan (d) Microteaching


-Bagaimana cara ikut berkontribusi bagi selain anggota Laskar Dewantara?

Ada 4 tahapan tes dalam open recruitment Laskar Dewantara, yaitu: (a) Tes Administrasi; (b) Tes Wawancara; (c) FGD (Focused Group Discussion); dan (d) Microteaching

Salah satu cara yang paling mudah adalah berdonasi. UMengajar membuka program donasi untuk disalurkan kepada sekolah binaan. Bantuan yang dapat didonasikan antara lain buku tulis, buku bacaan anak, perlengkapan sekolah, maupun uang tunai.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.